You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Jaga kesehatan saat musim hujan

Ketika musim hujan datang, tubuh manusia umumnya mungkin akan lebih rebih rentan terserang penyakit. Namun, Anda tetap dapat beraktivitas seperti biasa dengan menjaga kesehatan Anda. Berikut lima cara mudah yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat saat musim penghujan:


Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari risiko infeksi atau penyakit. Kandungan antioksidan dalam vitamin C dapat membantu meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan untuk mencegah stres dan kelelahan. Vitamin C bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan segar atau dari suplemen multivitamin. 


Mencukupi Kebutuhan Tidur

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa seseorang yang mencukupi kebutuhan tidur selama 8 jam setiap hari menunjukkan kekebalan yang lebih besar terhadap virus dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur. Salah satu alasannya adalah karena ketika tidur tubuh melepaskan hormon sitokin yang mampu membantu tubuh melawan infeksi dengan cara mengatur sistem kekebalan tubuh. 


Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau sering kali dikaitkan dengan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan tekanan dan gula darah, serta mengurangi kadar lemak pada perut. Teh hijau memiliki kandungan flavonoid dan katekin yang bertindak sebagai antioksidan. Mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap harinya sangat disarankan karena bermanfaat sebagai salah satu penerapan dari gaya hidup sehat.


Menjaga Pola Makan Sehat


Mengonsumsi makanan sehat dan teratur selama musim hujan membantu memperkuat daya tahan tubuh. Buatlah variasi menu makan harian untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Hindari makan berlebihan yang bisa membuat berat badan bertambah sehingga berisiko terkena masalah kesehatan lain. 


Mengelola Stres


Selama musim hujan potensi stres menjadi lebih besar. Mulai dari memikirkan tumpukan jemuran yang susah kering, hingga jadi sering terlambat ke kantor karena macet atau banjir. Melakukan berbagai kegiatan seperti berlatih yoga di akhir pekan, mendengarkan musik yang menenangkan, dan tidur cukup dapat membantu Anda untuk mengendalikan dan mengurangi stress yang mungkin terjadi.


Sumber : 

“5 Cara Anti gagal Buat Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan”: .https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tips-tetap-sehat-saat-musim-hujan/

“Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Musim Hujan”: https://www.honestdocs.id/tips-tetap-sehat-di-musim-hujan


Artikel Terkait